Rekomendasi 11 Tempat Terbaik Untuk Dikunjungi di Serbia

Rekomendasi 11 Tempat Terbaik Untuk Dikunjungi di Serbia – Serbia merupakan destinasi yang cenderung luput dari perhatian banyak pelancong. Mereka yang telah berkelana ke negara Eropa tenggara mungkin telah menemukan kehidupan malam legendaris ibukota, Beograd, sementara yang lain akan bergabung dengan pesta di Festival Keluar di Novi Sad.

Rekomendasi 11 Tempat Terbaik Untuk Dikunjungi di Serbia

velikestepenice – Lalu ada kegilaan parau yang turun setiap bulan Agustus di kota kecil Guča, yang festival terompetnya telah mendapatkan reputasi sebagai salah satu peristiwa paling rusuh di Eropa. Itu hanya sebagian kecil dari cerita. Bentang alam Serbia berkisar dari dataran tak berujung Vojvodina di utara, lumbung roti dan gudang anggur negara itu — hingga pegunungan dramatis dan ngarai taman nasional di selatan, barat, dan timur bekas republik Yugoslavia ini. Warisan yang ditinggalkan oleh mantan penguasa Habsburg dan Turki Ottoman dapat ditemukan dalam segala hal mulai dari arsitektur hingga masakan, di mana Timur benar-benar bertemu dengan Barat.

Baca Juga : Rekomendasi 15 Destinasi Terbaik di Serbia

Berikut adalah 11 tempat yang akan membangkitkan selera untuk sudut Eropa Timur yang diremehkan ini ketika Anda bepergian ke sini:

1. Beograd

Ibu kota Serbia yang dinamis berada di antara pertemuan sungai Danube dan Sava, di mana Taman Kalemegdan yang luas dan benteng yang tinggi menawarkan pemandangan yang fantastis.

Beograd memiliki energi yang tidak salah lagi, terutama dalam budaya kafenya yang semarak. Berjalan-jalan di sepanjang Jalan Knez Mihailova yang merupakan jalur pejalan kaki berkelok-kelok melewati bangunan neoklasik abad ke-19 yang elegan serta toko-toko, bar, dan restoran.

Dorćol adalah salah satu lingkungan kota yang paling menarik dan memiliki lusinan bar dan restoran, banyak di Strahinjića Bana. Pengunjung dapat melihat kehidupan malam yang semarak di sepanjang sungai Sava dan Danube, di mana klub dan bar terapung memeluk tepi sungai. Klub malam yang ramai di Savamala dilewati di sepanjang jalan.

Sementara itu Skadarlija, hal yang paling dekat dengan Beograd dengan distrik turis, menampilkan jalan-jalan berbatu abad ke-19 yang dipenuhi dengan restoran dan bar yang bersenandung dengan soundtrack live yang disediakan oleh musisi folk.

Tip: Jaringan restoran Smokvica memiliki beberapa restoran taman bobrok yang menyenangkan, termasuk satu di dekat Kalemegdan dan satu lagi di selatan kota tua di Vračar. Keduanya memiliki menu hidangan Slavia dan Mediterania yang inovatif.

2. Zemun

Sampai tahun 1918, pinggiran kota Beograd ini adalah bagian dari Kekaisaran Austro-Hungaria. Ini segera menjadi jelas saat Anda berjalan di sepanjang Danube dan melihat jenis arsitektur barok khas Budapest — hanya rambu jalan Cyrillic yang memberikan permainan itu.

Setelah mengunjungi pasar makanan pagi di Masarikov Trg, ada baiknya berjalan kaki ke puncak kota ke Menara Gardoš, yang dibangun oleh orang Hongaria pada tahun 1896. Naiki menara untuk melihat pemandangan Zemun, Beograd, dan Danube.

Tip: Tepi sungai Kej Oslobođenja memiliki sejumlah restoran dan bar tepi sungai yang memusingkan. Supermarket Talas adalah perhentian makan siang yang baik yang menu eklektiknya mencakup Mediterania serta interior Serbia. Dari akhir Juni hingga September ada jembatan ponton yang menghubungkan Zemun ke Pulau Perang Besar (Veliko Ratno Ostrvo), cagar alam dengan pantai berpasir di ujung barat lautnya.

3. Novi Sad

Dijuluki “Athena Serbia” karena sejarahnya yang panjang sebagai pusat budaya dan studi, Novi Sad mengungkapkan warisan Habsburgnya melalui bangunan neoklasik yang indah dan alun-alun yang dipenuhi kafe. Trg Slobode (atau Lapangan Kebebasan) adalah salah satu pusat utama, di mana Balai Kota neo-Renaissance yang mengesankan bersaing untuk mendapatkan perhatian dengan katedral Katolik Roma yang mencolok dan kafe-kafe di kawasan pejalan kaki yang menyenangkan.

Ikuti pejalan kaki Dunavska melewati townhouse barok berwarna pastel menuju kehijauan sejuk Taman Dunavski. Pada hari-hari yang hangat, tidak ada yang bisa mengalahkan kursi berjemur di pantai Danube di Most Slobode (Jembatan Kebebasan).

Tip: Orang Hongaria juga meninggalkan bekas pada makanannya, terutama penggunaan paprika secara bebas. Café Veliki, di mana masakan tradisional disajikan di lingkungan shabby-chic yang nyaman, menyajikan hidangan yang lezat. Di seberang Danube terdapat Benteng Petrovaradin abad ke-18 yang megah, rumah bagi Museum Kota, sebuah gereja, dan festival musik Exit tahunan.

4. Subotica

Sangat mudah untuk berpikir Anda telah menyeberangi perbatasan ke Hongaria ketika Anda mencapai Subotica. Cita rasa Hungaria di kota ini dapat dinikmati dalam segala hal mulai dari tanda bilingual Serbia/Hungarian hingga masakan sarat paprika di restoran dan ini tidak mengejutkan mengingat ukuran populasi Hungaria di sini.

Tapi itu adalah arsitektur Subotica yang benar-benar memberikan kejutan. Bangunan-bangunan art nouveau yang agung — yang dikenal sebagai gaya pemisahan diri di Serbia — adalah barang-barang dongeng, dengan menara warna-warni, atap pelana, genteng, dan pekerjaan bata. Salah satu contoh paling jelas adalah Balai Kota, dan ada baiknya melangkah ke dalam interiornya yang mewah. Pengunjung bahkan dapat melakukan tur ke puncak menara jam, yang memiliki pemandangan kota dan pedesaan yang luas.

Tip: Kereta dan bus terhubung ke Danau Pali yang berdekatan, resor danau populer yang juga memiliki koleksi bangunan art nouveau yang bagus

5. Kopaonik National Park

Selama musim dingin, orang Serbia cenderung menuju ke selatan menuju pegunungan terbesar di negara itu dan resor ski terbesar untuk bermain ski dan snowboard. Ravni Kopaonik, pusat ski utamanya, memiliki ketinggian 5.577 kaki, dengan stasiun tertinggi, Pančićev vrh, pada ketinggian 6.614 kaki. Ada juga jalur ski lintas alam sepanjang 11 kilometer.

Meskipun Ravni Kopaonik memiliki beberapa hotel, banyak yang memilih untuk menginap di desa terdekat, Brzeće, yang terhubung ke pegunungan dengan kereta gantung. Lift kursi terus berjalan setelah salju mencair saat taman nasional tetap sibuk, menarik penggemar alam luar yang ingin menjelajahi pegunungan dengan berjalan kaki atau bersepeda gunung. Mengamati burung juga merupakan hobi yang populer di sini.

Tip: Pemandangan lereng dapat dinikmati dari la carte Restaurant Garden, yang merupakan bagian dari Grand Hotel yang terletak di tengah resor ski.

6. Zlatibor

Taman bermain Serbia untuk semua musim adalah kumpulan pegunungan dan desa yang terletak di bagian barat negara itu, 238 kilometer (148 mil) dari Beograd. Ini terkenal dengan jalur pendakiannya yang megah serta resor ski mini populer Tornik.

Untuk melihat sekilas ke masa lalu Serbia, ada museum terbuka Sirogojno (Etno Vilage Sirogojno.) Di sini sebuah desa abad ke-19 — Staro Selo — telah direkonstruksi, mengungkapkan dengan sangat rinci seperti apa kehidupan pedesaan pada saat itu.

Bawah tanah di Gua Stopića dapat ditemukan keajaiban bawah tanah air terjun, stalaktit, dan teras travertine. Di dekatnya terdapat air terjun Gostilje yang megah, yang jatuh 65 kaki dari tebing batu kapur yang menjulang tinggi. Jalur berbatu di hilir mengarah ke lebih banyak air terjun serta banyak tempat piknik yang indah.

Tip: Restoran Mačkat, sebuah restoran yang nyaman di desa kecil Mačkat, menyajikan sepiring besar daging domba panggang.

7. Tara National Park

Untuk hutan belantara yang benar-benar dramatis, pengunjung dapat menjelajahi pegunungan dan ngarai Taman Nasional Tara, di mana Sungai Drina membentuk perbatasan alami dengan Bosnia dan Herzegovina. Di lanskap karst yang masih alami ini, hutan cemara, birch, pinus, dan juniper menutupi perbukitan yang menjulang hingga hampir 5.000 kaki. Ini juga rumah bagi 53 spesies mamalia dan 153 spesies burung, sementara beruang, chamois, dan rusa roe yang menghuni taman cagar alam dilindungi oleh hukum.

Sepeda dapat disewa dari kantor pariwisata di Mitrovac dan Bajina Bašta untuk mengunjungi beberapa jalur bersepeda dan hiking taman yang berjarak lebih dari 200 kilometer. Sebaiknya tetap berpegang pada jalur yang ditandai, karena hutan adalah rumah bagi beruang coklat dan kucing liar, di antara makhluk lainnya.

Tip: Salah satu pemandangan taman yang paling menarik adalah rumah sungai Drina (Kućica na Drini), sebuah pondok nelayan kayu yang bertengger di atas batu di tengah Sungai Drina. Kayak dapat disewa untuk melihat dari dekat.

8. Fruška Gora

Perbukitan Fruška Gora, yang terletak di selatan Novi Sad, tidak terlalu tinggi – paling banyak 1.768 kaki – tetapi mereka memberikan pengalih perhatian hijau yang disambut baik dari dataran datar wilayah otonomi Vojvodina. Di dalam Taman Nasional Fruška Gora terdapat jejak 17 biara yang dibangun dari abad ke-15 dan seterusnya. Salah satu yang paling populer adalah Krušedol, yang didirikan pada abad ke-16, sedangkan Grgeteg berasal dari akhir abad ke-15 dan menampilkan ikonostasis marmer yang indah.

Perbukitan Fruška Gora yang berhutan lebat disilangkan dengan jalur hiking dan bersepeda. Carilah pine martens, rusa dan babi hutan, bersama dengan populasi burung yang luar biasa tinggi termasuk elang kekaisaran. Daerah ini juga merupakan salah satu daerah pembuatan anggur utama Serbia, dengan lebih dari 60 kilang anggur.

Tip: Beberapa anggur terbaik di Fruška Gora dapat ditemukan dengan kunjungan ke Atelije Vina Šapat, kilang anggur butik yang mencakup restoran mewah..

9. Devil’s Town (Đavolja Varoš)

Terletak jauh di selatan Serbia adalah salah satu fenomena alam yang lebih tidak biasa yang mungkin Anda lihat di negara ini. avolja Varo menampilkan 202 formasi batuan luar biasa yang secara alami diciptakan oleh erosi, dengan beberapa berdiri setinggi 66 kaki. Sebagian besar atasnya dengan bongkahan batu berbentuk jamur.

Terletak di lereng berhutan Gunung Radan di kotamadya Kuršumlija., avolja Varo dapat dilihat dari serangkaian platform pengamatan kayu. Dalam perjalanan ke menara adalah mata air mineral dan tambang emas abad ke-13.

Ekstra Serbia: avolja Varoš’ restoran di tempat berspesialisasi dalam hidangan yang dimasak perlahan ispod sača — di bawah bel besi, sač atau peka yang diselimuti abu panas. Proses memasak yang lama ini membuat dagingnya sangat lezat.

10. Drvengrad and Šargan Eight

Drvengrad (Kota Kayu) awalnya dibangun oleh sutradara film Serbia Emir Kusturica untuk filmnya tahun 2004 “Life Is a Miracle.” Sekarang menjadi desa etno eksentrik dengan bangunan pertanian bergaya abad ke-19 dengan toko, restoran, galeri, dan apartemen untuk disewa. Setiap bulan Januari, desa tersebut diambil alih oleh Kusturica’s Küstendorf Film and Music Festival, yang sebagian dibiayai oleh Kementerian Kebudayaan pemerintah Serbia.

Hampir dua kilometer jauhnya adalah pemandangan yang sama uniknya — argan Eight. Kereta api warisan berukuran sempit ini dibangun pada tahun 1925 dan merupakan prestasi teknik yang luar biasa — lingkaran angka delapannya melewati 22 terowongan dan melintasi 10 jembatan dari Mokra Gora ke argan-Vitasi. Perjalanan pulang pergi dua jam ini adalah salah satu pemandangan paling populer di Serbia barat — dan Anda tidak perlu menjadi penggemar kereta api untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Tip: Dimungkinkan untuk menyewa seluruh kereta jika Anda menginginkan perjalanan yang dipesan lebih dahulu.

Baca Juga : 17 Tempat Wisata Terindah untuk Dikunjungi di Mozambik

11. Biara Studenica

Didirikan pada abad ke-12 oleh penguasa abad pertengahan Serbia Stefan Nemanja, Biara Studenica dianggap sebagai biara paling megah di Serbia. Ini sebagian karena lokasinya yang sensasional di dalam pegunungan berhutan lebat di atas Sungai Studenica di Serbia tengah.

Di dalam kompleks – yang merupakan Situs Warisan UNESCO yang ditunjuk – ada tiga gereja yang tersisa dari sembilan gereja asli. Gereja Our Lady, dibuat dengan gaya Bizantium dan Romawi, adalah yang terbesar dan terkenal dengan lukisan dindingnya. Itu juga berisi makam Stefan Nemanja. Jika Anda ingin tinggal untuk retret, biara ini memiliki kamar-kamar sederhana di Studenica Guest House miliknya sendiri.

Tip: Atur waktu kunjungan Anda untuk 24 Mei dan Anda dapat bergabung dengan perayaan yang diadakan untuk menandai hari raya Stefan Nemanja.