6 Tujuan Terbaik Untuk Hiking Sehari Dari Beograd, Serbia

6 Tujuan Terbaik Untuk Hiking Sehari Dari Beograd, Serbia – Selain untuk tujuan menjelajah dan menikmati keindahan alam, jalan kaki atau hiking merupakan jenis olahraga yang paling tua. Pendakian siang hari dari Beograd, menjadi bentuk rekreasi yang semakin populer yang memberikan relaksasi emosional dan, juga bagus untuk mendapatkan kebugaran. Jika Anda tinggal di lingkungan perkotaan dan berjuang dengan stres setiap hari, pelarian alam dan hiking akan baik untuk Anda.

6 Tujuan Terbaik Untuk Hiking Sehari Dari Beograd, Serbia

velikestepenice – Bahkan tur hiking singkat memiliki efek yang sangat positif pada kecemasan dan ketegangan. Mendaki gunung atau sekadar berjalan-jalan di luar ruangan akan membantu meredakan kecemasan dan ketegangan Anda pada tingkat yang lebih tinggi. Ada penelitian yang membuktikan bahwa 50 menit berjalan kaki di luar ruangan selama sehari akan menurunkan kecemasan lebih banyak jika dibandingkan dengan di perkotaan.

Baca Juga : Belgrade, Kota Wisata Terbesar dan Tertua di Serbia

Berikut adalah rekomendasi kami untuk pendakian sehari dari Beograd, yang telah kami susun dalam urutan jarak terpendek dari Beograd.

1. Kosmaj

Kosmaj adalah gunung Sumadija yang indah dengan punggung bukit berbentuk bulan sabit setinggi 626 m. Hanya 60 km dari Beograd sangat ideal untuk melarikan diri dari lingkungan perkotaan. Sebagian besar ditutupi oleh hutan beech dan ek dengan jalan setapak yang indah dan pemandangan pegunungan Sumadija di sekitarnya. Simbol Kosmaj adalah monumen mengesankan yang didirikan oleh tentara yang gugur dalam Perang Dunia II. Wisata hiking ini melingkar, tidak sepenuhnya mudah karena pendakian dan penurunannya.

Bagaimana menuju ke sana dan ke mana harus pergi untuk hiking?

Yang terbaik adalah memulai dari Biara Tresije dan pergi ke Monumen Prajurit Jatuh dari Detasemen Kosmaj, kemudian melanjutkan lebih jauh menuju titik pengamatan Kosutica, kemudian ke sisa-sisa biara Kasteljan abad pertengahan dan terus menuju titik pengamatan Goli vrh dan peringatan Beli kamen dari Perang Dunia Pertama. Setelah setengah jam berjalan, Anda akan kembali ke titik awal di dekat biara Tresije.

Penggemar arsitektur pasca-perang dapat mengagumi monumen yang menarik dan mengesankan dari tahun 1971. Monumen Prajurit yang Jatuh dari Detasemen Kosmaj pada Perang Dunia II mewakili komposisi arsitektur-patung yang terdiri dari lima lengan beton, setinggi 30 meter, melambangkan percikan libertarian dan pemberontakan. Ini adalah bagian dari rute wisata budaya regional yang disebut Balkan Monumental Trail (BMT). Jalur ini diharapkan dapat menghidupkan kembali seni, desain, dan arsitektur monumen Perang Dunia II, yang dibangun antara tahun 1950-an dan 1990-an di seluruh Balkan Barat. Rute ini merupakan produk wisata baru untuk internasional dan pengunjung dari daerah yang mencari pengalaman budaya yang unik.

Jika Anda pecinta craft beer, setelah selesai hiking di sana, kami menyarankan Anda untuk mengunjungi brewery Kabinet. Ini adalah produsen bir kerajinan paling terkenal di Serbia. Jika Anda ingin pergi ke Kosmaj dalam grup, inilah tur hiking satu hari yang kami selenggarakan . Juga, jika Anda mau, kami dapat mengatur untuk Anda tur pribadi ke Kosmaj. Silakan hubungi kami melalui telepon di +38169655777 atau email di info@explore-serbia.rs atau melalui formulir di bawah ini:

2) The National Park Fruska Gora

Dahulu kala itu adalah pulau terpencil di Laut Pannonia. Sekarang menjadi gunung yang indah dengan lereng ringan, hutan seratus tahun, kebun anggur terkenal, dan banyak biara. Dengan puncak tertingginya, Crveni Cot pada ketinggian 539 m dan punggungan sepanjang 80 km, ini adalah daratan yang dominan di seluruh Dataran Pannonia. Ada banyak peluang dan jalur pendakian yang menarik, sebagian besar ditandai, dari tur yang mudah hingga yang lebih menuntut.

Jika Anda ingin tur hiking yang lebih mudah, kami menyarankan jalur berikut:

Jalur pendakian dari Biara Grgeteg ke Biara Velika Remeta

Informasi tentang jalur pendakian:

  • Panjang: 7 km (kedua arah)
  • Total naik/turun: 200 m
  • Kategori: mudah
  • Durasi: sekitar 3 jam dengan kunjungan ke biara

Setelah tur hiking, Anda dapat pergi ke Perko’s Farm terdekat di mana Anda dapat menikmati makanan lezat dalam suasana alami.

Tur hiking melingkar dari Iriski Venac – biara Staro Hopovo – biara Novo Hopovo – Iriski Venac

Informasi tentang jalur pendakian:

  • Panjang: 12 km
  • Total naik/turun: 350 m
  • Kategori: mudah
  • Durasi: sekitar 4,5 jam dengan kunjungan ke biara

Tur hiking melingkar Andrevlje – Letenka – Andrevlje

Informasi tentang jalur pendakian:

  • Panjang: 12 km
  • Total naik/turun: 350 m
  • Kategori: mudah
  • Durasi: sekitar 4 jam

Tur hiking melingkar Paragovo – Popovica – Danau Popovica – sudut pandang ke Novi Sad – Medan perang Elang – pondok gunung Sarang elang – Paragovo

Informasi tentang jalur pendakian:

  • Panjang: 9 km
  • Total naik/turun: 350 m
  • Kategori: mudah
  • Durasi: sekitar 3 jam

Tur hiking melingkar Zmajevac – Lazin Vir – Vrdnik – Zmajevac

Informasi tentang jalur pendakian:

  • Panjang: 15 km
  • Total naik/turun: 460 m
  • Kategori: mudah-sedang
  • Durasi : sekitar 5 jam

Tur hiking dari biara Beocin – Osovlje – Batu elang – Lembah Chestnut – Ranjang merah – biara Beocin

Informasi tentang jalur pendakian:

  • Panjang: 16 km
  • Total naik/turun: 600 m
  • Kategori: sedang
  • Durasi: sekitar 6 jam

Fruška Gora adalah area khusus dengan banyak area piknik untuk pecinta alam, pejalan kaki, dan pengendara sepeda – Anda dapat melakukan semua ini sendiri, tetapi Anda juga dapat memilih dari beberapa program rancangan kami yang kami miliki. Apa pun jalur pendakian yang Anda pilih, Anda dapat menggabungkan semuanya dengan mengunjungi salah satu pertanian, desa etno terdekat, kilang anggur, biara, atau mengunjungi Sremski Karlovci dan Novi Sad. Dengan semua yang ditawarkan Fruska Gora, ini adalah tujuan ideal untuk tur hiking satu hari dari Beograd.

3. Deliblato Sands

Deliblato Sands adalah tujuan yang tepat untuk Anda jika Anda menginginkan wisata hiking yang lebih mudah tanpa banyak mendaki. Ini adalah medan berpasir terbesar di Eropa, pernah menjadi bagian dari gurun prasejarah yang luas, yang berasal dari penarikan Laut Pannonia. Ini memiliki sekitar 35.000 ha dan bukit pasir dengan ketinggian 70 hingga 200 meter. Bukit pasir membuat daerah ini luar biasa indah.

Deliblato Sands terletak di selatan Banat, terletak di antara sungai Danube dan lereng barat daya Pegunungan Carpathian. Di tepi timur lautnya , terletak Bukit Zagaj. Daerah yang sangat menarik dengan bukit-bukit globular yang merupakan bukit pasir kuno yang sebagian menutupi hutan, sebagian dengan vegetasi stepa, peninggalan unik dari lanskap dataran Pannonia. Kami menyarankan Anda menyelesaikan tur mendaki Bukit Zagaj dengan mengunjungi Stara Palanka dan benteng Ram Stara Palanka adalah tempat kecil dengan restoran ikan yang luar biasa. Anda dapat mencapai benteng Ram dengan feri melintasi Danube dari Stara Palanka.

Di dekat desa Deliblato dekat dengan kota Kovin, terdapat pusat pendidikan dan sekolah-rekreasi Cardak di mana juga terdapat jalur pendakian yang ditandai. Dikelilingi oleh hutan dan padang rumput, ini adalah tempat yang ideal untuk tinggal di alam. Juga, area piknik yang populer adalah bunar Devojacki di dekat Alibunar, dengan lapangan olahraga, kolam renang luar ruangan, jalan setapak, dan gereja chalet unik di Vojvodina.

4. Homolje mountains

Dalam waktu kurang dari 2 jam perjalanan dari Beograd, Anda dapat mencapai pegunungan Homolje. adalah mutiara asli Serbia Timur yang mewakili oasis ekologis dengan banyak kincir air, gua, legenda, mitos, dan adat istiadat yang menarik. Ini juga menawarkan banyak peluang untuk tur hiking yang menantang dari Beograd.

Daerah pegunungan ini terletak di timur laut Serbia di mana Sungai Mlava mengalir. Ini muncul ke agubica dan membentuk Gornjak Gorge yang indah . . Jurang ini dinamai sesuai dengan angin segar Gornjak, yang membelah sungai di sepanjang lembah yang dikelilingi oleh pegunungan.

Ada banyak jalur pendakian di Pegunungan Homolje, mulai dari yang mudah hingga sedang.

Jejak yang sangat menarik dimulai dari biara Gornjak.

Biara ini terletak di dataran tinggi Mlava yang lebih kecil dan luas di Ngarai Gornjak. itu terletak di sebelah tebing berbatu Gunung Jezevac di mana aliran Mlava yang cepat dan jernih. Ini adalah warisan pangeran Serbia Lazar dari abad keempat belas.

Jalur pendakian menuju puncak Mali (732 m) dan Veliki Vukan (825 m). Ini adalah jalur hutan, sebagian melewati padang rumput dan lagi melalui jalur hutan yang mengarah ke punggung bukit dan puncak berbatu ini.

Informasi tentang jalur pendakian:

  • Panjang: 13 km
  • Pendakian: sekitar 650 m
  • Durasi: 6 jam
  • Kategori: mudah-sedang

Setelah tur ini, kami menyarankan Anda mengunjungi desa Bistrica . Desa ini unik dengan jumlah kincir air tua yang tersisa di sungai Bistrica, berusia lebih dari dua abad. Ada delapan kincir air di sungai ini dan semuanya berfungsi di mana jagung dan gandum dicairkan seperti dulu, 100 dan 200 tahun yang lalu. Anda bisa berjalan di sana menikmati suara tepuk tangan yang terlupakan.

Rute hiking menarik lainnya adalah di bagian timur lembah Homolje di mana terdapat dataran tinggi Zdravca yang sangat indah.

Anda dapat mengambil jalan setapak dari desa Selište, yang dicapai melalui jalan Petrovac – agubica. Melewati dekat puncak: Kupova Glava (923 m) , Coka Njamci (856 m ), Coka Korugu (903 m) dan Zdravca (897 m). Dari puncak Zdravca, ada pemandangan yang fenomenal.

Informasi tentang jalur pendakian:

  • Panjang: 19 km
  • Uspon : oko 600 m
  • Kategori: sedang
  • Durasi: 7 jam – 8 jam

Atraksi menarik yang dapat Anda kunjungi di lereng timur laut Homolje, dekat Kučevo adalah gua Ceremošnja dan Ravništarka. Dari satu gua ke gua lainnya, Anda dapat mendaki di sepanjang puncak gunung Veliki tubej.

Gua Ceremosnja kaya akan perhiasan gua, stalaktit, stalagmit, kolom gua, seperti pilar “On the Eternal Watch”, yang merupakan tanda Upacara yang dapat dikenali. Sisa-sisa beruang yang hidup sekitar seratus ribu tahun yang lalu ditemukan di gua ini.

Gua R avnistarka telah dinyatakan sebagai Monumen Alam dan merupakan salah satu gua terbesar di Serbia. Panjang jalur wisata yang melewati gua ini adalah 560 meter. Aliran Ponorac mengalir melalui Ravništarka. Ini juga sangat kaya akan perhiasan gua dan hanya memiliki satu aula gua – ” Kastil Hitam ”. Ciri khas gua adalah saluran utamanya, yang terlihat seperti terowongan raksasa, dihiasi dengan berbagai perhiasan gua.

Informasi tentang jalur pendakian:

  • Panjang: 14 km
  • Durasi: 4 jam
  • Kategori: mudah
  • Pendakian: sekitar 650 m

Jalur ini kaya akan pemandangan indah Pomoravlje datar, Sumadija bergelombang dan lereng curam Carpathians Selatan di negara tetangga Rumania.

5. Boracki Krs

Destinasi ini akan sangat mengejutkan Anda. Boracki Krs adalah fenomena geologi yang unik, yang telah dinyatakan sebagai monumen alam. Terletak di desa Sumadija Borac di wilayah kotamadya Knic. Ini mencakup bagian dari daerah Rudnik-Kotlenica antara pegunungan Rudnik, Kotlenic dan Gledic. Ini merupakan bentuk bantuan langka ketinggian yang merupakan bagian dari gunung berapi yang sudah punah sekitar 20 juta tahun. Itu terbuat dari batuan yang sangat kuat dan stabil.

Dibutuhkan sekitar 2 jam perjalanan dari Beograd untuk mencapai tujuan yang menarik ini. Dari puncaknya, pada ketinggian 515 m ada pemandangan Sumadija, Danau Gruza, dan desa Borac yang fantastis. Untuk menuju puncak dibutuhkan jalur pendakian yang tidak menuntut. Ini adalah pendakian yang mudah untuk segala usia, panjangnya sekitar 4 km dengan pendakian sekitar 300 m. Jejak dimulai di dekat gereja Malaikat Suci di desa Borac.

Di bagian paling atas, ada jalan setapak untuk yang lebih berani yang disebut Pera’s Trail . Ini mengarah ke salah satu bagian dari punggungan, yang melibatkan pendakian bebatuan. Jalurnya pendek tapi menarik.

Selama Abad Pertengahan, Borac Krs adalah benteng penting dan di atasnya, ada kota Borac, yang ditempatkan secara strategis di tempat terbaik di bagian Sumadija ini, yang dari menaranya seluruh lembah Gruza terlihat. Gereja Malaikat Tertinggi di Borac , bersama dengan Kota Abad Pertengahan Borac dan Pemakaman Lama mewakili properti budaya tak bergerak sebagai monumen budaya yang sangat penting. Itu didirikan pada 1359 selama dinasti Nemanjic yang terkenal. Banyak legenda dan cerita rakyat terkait dengan masa lalunya. Menurut salah satu legenda, Pangeran Lazar dan Putri Milica datang ke gereja sebelum Pertempuran Kosovo. Sebelum atau sesudah mendaki di Boracki Krs, Anda dapat mengunjungi Arandjelovac, Topola, dan Oplenac, di mana kompleks kerajaan dinasti Karadjordjevic berada .

6) The Djerdap National Park

Taman Nasional Djerdap terletak di Serbia timur, di perbatasan dengan Rumania. Ngarai yang megah ini dikenal sebagai Gerbang Besi. Ngarai Djerdap adalah pemecah gelombang sungai terbesar di Eropa, berasal dari tempat Danube yang perkasa menerobos Pegunungan Carpathian sepanjang 90 kilometer. Ini terdiri dari 4 ngarai: Golubacka, Gospodjin Vir – yang pusat wisatanya adalah Lepenski Vir, Kazan – di mana sungainya paling dalam dengan 90 m) dan Sipska, dan 3 lembah: Ljupkovska, Donjomilanovacka, dan Orsavska. Di sini, di Djerdap, Danube adalah yang terdalam 90 m, tersempit 140 m, tetapi juga terluas, hampir 7 km di dekat Golubac.

Taman Nasional Djerdap adalah yang terbesar di Serbia. Ini adalah surga sejati bagi para petualang, pecinta alam, nelayan, dan pemburu. Kawasan lindung ini mencakup sebanyak sepuluh cagar alam, sepuluh benua dengan beragam warisan alam, sejarah, dan keindahan, yang dibawa oleh sungai-sungai besar. Saat Anda pergi mendaki di Djerdap, bersiaplah untuk melihat pemandangan fenomenal dari ngarai yang spektakuler dan Danube yang perkasa. wisata hiking dari Beograd ke Djerdap dapat diselesaikan dengan kunjungan ke monumen budaya dan sejarah yang penting, seperti Benteng Golubac dan situs arkeologi Lepenski Vir.

Ada banyak jalur pendakian di Taman Nasional Djerdap. Tergantung pada titik awal yang Anda pilih, Anda akan memerlukan 2 jam hingga 3 jam berkendara dari Beograd. Jalur pendakian ditandai tetapi kami sangat menyarankan Anda untuk pergi dengan pemandu. Anda juga dapat menghubungi kantor taman nasional Djerdap di mana Anda juga dapat menemukan deskripsi beberapa jalur pendakian. Taman Nasional Djerdap juga merupakan bagian dari jalur jalan kaki jarak jauh E4 Eropa.

Jalur pendakian mudah yang kami rekomendasikan adalah ke sudut pandang Kovilovo.

Setelah 2 jam dan 20 menit berkendara dari Beograd, sebelum Donji Milanovac, Anda harus berbelok ke arah jalan yang mengarah ke Majdanpek. Ini melewati Kapten Misha Hillock (Kapetan Mišin breg).

Jalan setapak, sebagian, menuruni jalan aspal dari Kapten Misha Hillock, kemudian berlanjut melalui lanskap yang indah. Anda mencapai Kovilovo, padang rumput yang luas dari mana Anda memiliki pemandangan indah lembah Donji Milanovac, Lepenski Vir, Pulau Poreč yang tenggelam, Donji Milanovac, Golubiinje dan sisi Rumania Djerdap. Kovilovo berada di 358 m , nama lain adalah Golo brdo.

Informasi tentang jalur pendakian:

  • Panjang: 4 km
  • Durasi: 2 jam
  • Kategori: mudah
  • Pendakian: sekitar 200 m

Jalur pendakian yang kami rekomendasikan di Djerdap adalah:

Sudut Pandang Sokolovac, Ngarai Sungai Boljetin

Wisata hiking kategori sedang berlangsung sekitar 6 jam. Jalur pendakian dimulai dari pertemuan sungai Pesaca di Danube, melewati punggung bukit Coka Njalta ke sudut pandang Sokolovac pada ketinggian 683 m. Kemudian mulailah menuruni ngarai Sungai Boljetin yang menarik. Jalur ini memiliki panjang 18 km dengan pendakian sekitar 800 m. Jejaknya sangat menarik, dengan pemandangan ngarai Gospodjin Vir yang fantastis, puncak Somrda, dan taman alam Rumania Portile de fier di sisi lain Danube.

Informasi tentang jalur pendakian:

  • Panjang: 18 km
  • Durasi: 6 jam
  • Kategori: sedang
  • Pendakian: sekitar 800 m

Mendaki gunung Miroc ke puncak/cagar alam Mali dan Veliki Strbac rezervata prirode Mali i Veliki trbac

Dibutuhkan sekitar 3 jam perjalanan dari Beograd untuk mencapai Miroc . Anda mengambil jalan raya menuju Pozarevac dan keluar menuju Veliko Gradiste. Anda melewati Golubac, lalu Donji Milanovac dan Golubinje. Setelah melewati Terowongan No. 4, di sisi kanan jalan terdapat air mancur dengan tempat parkir dimana jalur pendakian menuju Miroc dimulai.

Baca Juga : Tempat Wisata The Citadel di Turki

Gunung Miroc mencakup beberapa puncak. Puncak gunung Strbac, sebagai puncak tertinggi Miroc pada 767 m yang menjulang di atas bagian tersempit Danube di Eropa. Ini adalah salah satu gunung terkaya di Serbia dengan sejumlah gua, teluk kecil, dan cekungan, serta formasi speleologi lainnya.

Jalan setapak mengarah melalui jalur hutan, dan di puncak Mali Strbac pada ketinggian 626 m berbatu. Dimulai dari tempat yang disebut Pecka bara di ketinggian 89 m di mana dimulai jalur hutan ke Ploce, dataran tinggi batu kapur di bawah Veliki Strbac.

Di dataran tinggi Ploce terdapat tiga titik pandang pada ketinggian 355 m. Dari sana ada pemandangan unik Danube dan bagian dari Ngarai Kazan yang paling indah. Mereka berada pada jarak sekitar 3,5 km dari titik awal.

Pendakian kemudian berlanjut ke puncak Mali dan Veliki Strbac. Jejaknya penuh dengan pemandangan indah ke arah Danube dan sisi Rumania Djerdap. Dimungkinkan untuk melihat patung raja Dacia terakhir – Decebalus Rex , diukir di batu, lalu biara Mrakonija.

Informasi tentang jalur pendakian:

  • Panjang: 16 km
  • Durasi: 6 jam
  • Kategori: sedang
  • Pendakian: sekitar 800 m